Skip to main content

Fungsi Saku Kecil Pada Celana Jeans Saat Pertama Kali Dibuat

Fungsi Saku Kecil Pada Celana Jeans – Hampir setiap toko pakaian akan memajang celana dengan model jeans. Seperti kita ketahui, celana dengan model jeans banyak digemari oleh kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Bahkan banyak orang berusia lanjut yang masih tetap suka memakai celana dengan model jeans.

Jeans sendiri merupakan model / jenis celana dengan bahan utama Denim yang memiliki serat kain yang kuat dan keras. Oleh karena itu, celana jeans tidak mudah rusak / sobek dan sangat awet, bisa bertahan sampai bertahun-tahun, mungkin hanya warnanya saja yang akan pudar.

Bila kita perhatikan, ada satu bagian dari celana jeans yang cukup unik yaitu "saku kecil di dalam kantong (saku) sebelah kanan celana jeans". Mungkin banyak dari kita yang kurang begitu tahu apa sebenarnya fungsi dari saku kecil tersebut. Bila kita seorang pekerja lapangan, biasanya akan menaruh benda kecil yang muat untuk dimasukan ke dalam saku, seperti misalnya : Pulpen, Lipatan kertas (catatan), kunci dan lain sebagainya, itu pada era saat ini.

Fungsi Saku Kecil Pada Celana Jeans Saat Pertama Kali Dibuat
Sumber Gambar : commons.wikimedia.org

Lalu apa sebenarnya fungsi saku kecil pada celana jeans, pada saat pertama kali dibuat?


Awalnya celana jeans diperuntukan untuk armada angkatan laut Italy. Setelah itu celana jeans makin populer, terutama dikalangan “penambang emas” dan “cowboy”. Pada tahun 1872, Jacob Davis (perancang celana jeans) bekerja sama dengan Levi Strauss & co mematenkan pakaian (jeans) yang diperkuat dengan paku keling (dari tembaga) dan keduanya menerima US paten No 139.121 untuk  "Improvement in Fastening Pocket-Openings" pada tanggal 20 Mei 1873.

Penempatan paku keling pada beberapa bagian dari celana jeans bertujuan untuk memperkuat area tersebut. Hal ini dilakukan Jacob Davis ketika seorang istri dari pekerja buruh setempat yang meminta dibuatkan model celana yang tidak mudah sobek. Ia kemudian memikirkan cara membuat celana yang kuat dan tahan lama. Akhirnya munculah ide penempatan paku keling pada beberapa bagian celana untuk memperkuat celana jeans tersebut.

Sementara untuk pembuatan saku kecil pada celana jeans sendiri berfungsi untuk menaruh jam saku oleh para “cowboy” dan “penambang emas” sehingga tidak mudah jatuh / hilang.  Bila kita sering menonton film cowboy, mungkin akan sering menjumpai mereka menggunakan jam saku. Itulah fungsi awal pembuatan saku kecil pada celana jeans. Meskipun saat era sekarang saku tersebut sudah tidak digunakan lagi untuk menyimpan jam saku (watch pocket) namun, keberadaan saku kecil ini masih tetap dipertahankan sebagai aksesoris atau untuk menyimpan benda kecil lainnya. Celana jeans kemudian menjadi populer di kalangan masyarakat luas, tidak hanya para penambang emas dan cowboy saja.

Levi Strauss mulai mengembangkan bisnisnya pada tahun 1851 di New York. Ia merupakan warga German yang berpindah ke New York mengikuti saudara-saudaranya yang terlebih dahulu ke sana. Pada tahun 1853 ia berpindah ke San Francisco sebelum akhirnya bermitra dengan Jacob Davis. Sejak saat itu, celana model jeans semakin populer dan banyak diminati oleh khalayak umum. Hingga saat ini perusahaan Levi Strauss & co masih terus memasarkan celana jeans dan perusahaan inilah yang pertama kali menjual celana jeans dan berkontribusi besar terhadapat perkembangan celana jeans.

Ref :
http://www.levistrauss.com/our-story/the-history-of-denim/
https://www.merdeka.com/gaya/ini-fungsi-sesungguhnya-dari-saku-kecil-di-celana-jeans.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Jeans

Comments